Selamat Datang..!!

ASSALAMUALAIKUM WR. WB.

Mari berbagi pengetahuan tentang Dunia Islam..

Selamat bergabung..

Rabu, 12 Januari 2011

Keadaan bangsa Jepang dan Indonesia sebelum Islam lahir (sekitar abad ke VI M).

1. JEPANG.

   Bangsa Jepang terdiri dari paduan bangsa-bangsa Tionghoa, Korea, Ainu dan bangsa Austronesia.
Agama asli bangsa Jepang di sebut Shinto (jalan dewa-dewa) yaitu kebaktian terhadap dewa dewi. Dewa yang terbesar Ialah Amaterazu atau dewa Matahari. Dewa tersebut di anggap yang menurunkan Tenno. Tenno dan keturunannya ialah yang di anggap berhak memegang pemerintahan, mereka itulah yang berhak menjadi raja abadi di Jepang dan di dewakan oleh bangsa Jepang.
Sejak tahun 21 M agama Budha mulai masuk ke Jepang kemudian agama Budha diakui sebagai agama yang sederajat dengan Shinto. Pada tahun 552 agama Budha masuk secara besar besaran ke Jepang, memisahkan kepribadian bangsa Jepang, maka pada tahun 1867 M agama Shinto diangkat sebagai agama resmi di Jepang yang pada hakekatnya merupakan penyembahan terhadap Tenno (orang). Karena itulah Shinto cocok dengan agama Budha.

2. INDONESIA.

   Keadaan bangsa indonesia pada sekitar abad ke VI M masih sangat primitive.
Pada masa proto histori Indonesia sudah di kenal oleh Claudius Ptolemaeus, seorang ahli ilmu bumi dari Iskandariah, Mesir. Tahun 165 M ia menyusun buku "Geographike Hypegesis", dalam buku itu menyebutkan nama-nama: Barousai, Sabadeibai, Iabadiou, Satiroi dan Maniolai, yang kesemuanya menunjuk kepada tempat tempat di Indonesia. Hal itu menunjukkan bahwa sejak abad ke II M orang dari Timur Tengah sudah mengenal Indonesia.
   Disamping itu sejak awal abad Masehi pengaruh kebudayaan Hindu sudah masuk ke Indonesia, pada sekitar tahun 400 M tampillah kerajaan Sunda Tarumanegara di Jawa Barat, kerajaan Kedu (Keling) di Jawa Tengah, kemudian melebarkan wilayahnya ke seluruh Jawa Tengah, Jawa Timur dan Nusa Tenggara. Pada zamannya kerajaan kedu (Keling) merupkan pusat kebudayaan Hindu dan Budha di Asia Tenggara.
Pada masa perkembangan kerajaan Tarumanegara dan kerajaan Keling itulah agama islam lahir di Mekkah (th 610 M). Para ahli memperkirakan pada sekitar tahun 674 M masa kerajaan Keling dalam pemerintahan Ratu Sima, agama Islam masuk di Indonesia.
   Pada masa sekitar kelahiran Islam itu keadaan masyarakat Indonesia masih sederhana, cara makan dan minumnya, cara berpakaiannya, dan cara berumah tangga masih belum bersih serta kepercayaan Animisme dan Dinamisme yang masih tebal. Yang memeluk agama Hindu hanya di kalangan kerajaan saja, rakyat masih berkepercayaan lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar